Skip to main content

Rangkuman Pelajaran IPA kelas 9 Semester 1

Hallo adik semuanya, kali ini saya akan membagikan ringkasan dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 Semester 1.
Dan untuk kesempatan kali ini, saya akan membahas dan membagikan ringkasan dari materi Sistem Reproduksi Pada Manusia.
Sebelum ke intinya, sedikit penjelasan bahwa yang maha kuasa menciptakan kita semua ( manusia ) sungguh sangat menakjubkan sekali, yang di mulai dari sel menuju ke janin dan lahirlah kita ke bumi ini yang mana meliki fase – fase nya.

Rangkuman Pelajaran IPA kelas 9 Semester 1

Untuk yang pertama yang harus di pahami adalah tentang Pembelahan Sel, yang mana menuju menjadi janin atau menjadi bayi untuk, butuh waktu dan perjuangan yang cukup lama.
Mari kita simak bersama – sama berikut ini...

Rangkuman Pelajaran IPA kelas 9 Semester 1

A. Sistem Reproduksi Pada Manusia

Pembelahan Sel

Menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya ( omnis cellula e cellula ) dan teori ini di nyatakan oleh Rudolf Virchow pada tahun 1855.
Alasan Sel mengalami pembelahan adalah untuk Reproduksi. Dan Reproduksi atau perkembangbiakan adalah ciri lain dari makluk hidup.
Pembelahan ini berpungsi untuk menghasilkan sel gamet ( sel telur dan sel sperma ).

a. Pembelahan Mitosis

Pembelahan Mitosis merupakan proses yang berkesinambungan yang terdiri atas 4 fase pembelahan, yaitu Profase, Metafase, Anafase dan Telopase.
Pembelahan Mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Jumlah kromosom yang di miliki oleh sel anakan adalah 2n atau di sebut dengan Diploid, Sel Diploid adalah sel – sel yang kromosomnya berpasangan ( 2n ).

b. Pembelahan Meisosis

Pembelahan Meisosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing – masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosong sel induk dan Meisosim di sebut dengan pembelahan reproduksi.

Berbeda dengan Mitosis, pembelahan Meisosis berlangsung dalam 2 tingkat yaitu meisosi 1 dan meisosis 2.
Berikut gambar fase – fase pembelahan meisosis 1 dan meisosis 2.

Dan demikianlah Adik semua, ringkasan dari materi Sistem Reproduksi Pada Manusia, yang semoga bermanfaat untuk adik semuanya.
Untuk adik semua yang ingin menyalin ringkasan materi IPA semua ini, untuk memudahkan menyalinnya Donwload saja di bawah ini.

Untuk adik semuanya cepat memahami, jadi saya membuat materi ringkasan ini menjadi beberapa bagian.
Untuk ke sambungan atau pelajaran selanjutnya, berikut ini....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar